KPU Tuntaskan Persiapan Debat Keempat, Berikut 11 Panelis Sudah Terpilih

JAKARTA, RADARSULBAR NEWS – Persiapan teknis debat keempat yang diikuti para cawapres sudah dirumuskan. Hal itu diputuskan dalam rapat bersama antara TV penyelenggara, perwakilan tim paslon, dan KPU.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan, debat keempat yang digelar Minggu (21/1) mendatang akan membahas enam tema utama. Yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, serta desa.

Enam tema tersebut akan dirumuskan simpul persoalannya untuk dituangkan dalam pertanyaan oleh panelis. ”Untuk panelis, kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan sebelas orang yang akan kami karantina,” ujarnya seusai rapat.

Sebelas panelis tersebut antara lain adalah ahli hukum agraria Universitas Hasanuddin Abrar Saleng, sosiolog pedesaan UGM Arie Sujito, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria, dan Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika.

Lainnya, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform Fabby Tumiwa, ahli sumber daya alam IPB Haryadi Kartodihardjo, Guru Besar Ridwan Yahya, dan Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Ruka Sombolinggi.

Selain itu ada, Pakar manajemen lingkungan Sudharto, Guru Besar Antropologi UI Sulistiyowati Irianto, dan ahli perencanaan wilayah dan pedesaan ITB Tubagus Furqon Sofhani. (jpg)