Mengenal Sosok Calon Bupati Polman Dirga Adhi Putra Singkarru

POLEWALI, RADARSULBAR NEWS — Dirga Adhi Putra Singkarru, seorang pengusaha yang tergolong sukses di usia muda ini adalah putera sulung dari bapak H.Hendra Singkarru mantan anggota DPR RI 2004-2009 dari Fraksi PAN dan ibunya Rita Puspita.

Dirga mengawali pendidikannya melalui lembaga pendidikan berbasis keagamaan yakni Pesantren Assyafi’iyah di Jakarta pada tingkat TK – SD. Setelah tamat Dirga melanjutkan pendidikannya ke sekolah umum yakni pada SMP Putera Komp.PU Jakarta Timur. Pada tingkat SMA, Dirga kembali melanjutkan pendidikannya pada sekolah SMA Terpadu Krida Nusantara (SMAT-KN) Bandung. Di SMAT-KN inilah sosok Dirga mendapat tempaan tentang kedisiplinan sebab sekolah ini adalah sekolah bertaraf internasional berbasis semi militer milik yayasan Krida Nusantara kepunyaan Istri dari mantan Wapres RI, Try Sutrisno.

Setelah tamat dari jenjang SMA, tahun 2005 Dirga kemudian melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di Malaysia yakni University of Tekhnologi Malaysia, Dirga mengambil jurusan teknik kimia dan berhasil lulus pada tahun 2009 dengan nilai IPK rata-rata 3,07/4,00.

“Tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai ke liang lahat ” pepatah arab ini menjadikan Dirga terus termotivasi untuk menambah ilmu pengetahuannya. Dirga kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang strata dua (S2) yakni di University of Manchester yang berkedudukan di Inggris, Dirga dinyatakan lulus dari Kampus tersebut pada tahun 2010.

Terjun Kedunia Bisnis

Tak sampai setahun setelah menyelesaikan pendidikan S2 nya, Dirga memulai bisnisnya di Manchester , Dirga bergabung sebagai tim Penelitian Pascasarjana Epoxy Clay Nanocomposite Centre, The University of
Manchester, Manchester UK.

Setahun kemudian pada tahun 2011 Dirga membangun sebuah perusahaan yang bernama DIMEC GROUP, perusahaan ini fokus bergerak pada bidang ekspor dan impor komoditas kelautan, perdagangan batubara dan silikat, konsultan desain
dan properti.

Riwayat Pekerjaan dan Pengalaman Berorganisasi

  1. Perwakilan Delegasi Indonesia pada Pertemuan ke-32 Komite Satwa (AC-32), Jenewa-Swiss
    CITES | 2023.
  2. Pembicara utama Coral Conservations for Coastal Livelihood di Ocean-20 (G-20) Event, Bali-Indonesia
    G-20 | 2022.
  3. Bersertifikasi Penyelam Profesional dari Professional Association of Diving Instructors (PADI)
    – PADI | 2021- Sekarang.
  4. Ketua Umum Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII)
    – AKKII | 2018- 2023
  5. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO)
    – APINDO- West Sulawesi | 2015- 2020.
  6. Direktur Utama di DIMEC GROUP
    – DIMEC Group | 2011- Sekarang
    – Fokus pada bidang ekspor dan impor komoditas kelautan, perdagangan Batubara dan Silikat, Konsultan Desain dan Pengembang Properti.
  7. Research Project of Epoxy Clay Nanocomposite
    – The Northwest Composite Centre | 2010
    – Tergabung di sebagai tim Penelitian Pascasarjana Epoxy Clay Nanocomposite Centre, The University of Manchester, Manchester UK.
  8. Internship Program
    – PT. Tripolyta, Cilegon Indonesia | 2009
    – Tergabung di dalam tim sebagai Process Engineer.
  9. Undergraduate Program | 2009
    – Tergabung dalam tim utama pada program sarjana merancang produksi 100,000 MT/tahun Asetaldehida, Universitas Teknologi Malaysia, Johor Baru, Malaysia.
    – Tergabung dalam tim utama pada penelitian program sarjana Project Mechanical & Morphological Properties of Polymide 6 (PA6) – High-Density Polyethylene (HDPE) Nanocomposite, Universitas Teknologi Malaysia, Johor Baru, Malaysia.

Sosok pria yang berdarah Mandar dan Bugis ini mewarisi jiwa enterpreneur dari Kakeknya H.Singkarru yang dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses di Polewali Mamasa ketika itu pada tahun 1960 an, Pria asal Pakkamisang Kecamatan Campalagian itu terkenal sebagai pengusaha hasil bumi dan perhotelan pada eranya.

Kepiawaian H.Singkarru dalam mengelola usaha kini diwarisi secara turun temurun dari anaknya H.Hendra Singkarru hingga cucunya Dirga Adiputra Singkarru.
Sekarang Dirga maju sebagai calon Bupati Polewali Mandar.
Keinginan serta tekad yang kuat untuk melakukan perubahan, memberikan solusi terhadap berbagai macam persoalan di tanah leluhurnya dan mensejahterakan masyarakat Polewali Mandar menjadi spirit bagi Dirga Adiputra Singkarru untuk maju sebagai calon Bupati Polewali Mandar 2024 ini.

Berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman dan networking yang dimilikinya menjadi modal utama bagi Dirga untuk mewujudkan keinginan masyarakat tentang solusi terhadap persoalan-persoalan yang sedang dihadapi Kab. Polewali Mandar. Dengan demikian impian masyarakat Polewali Mandar dapat diwujudkan dalam era kepemimpinannya. (rls/mkb)