Kampanye di Binuang, DIGASKAN Siap Kembangkan Pelabuhan Silopo Jadi Pelabuhan Bongkar Muat Barang

POLMAN, RADARSULBAR NEWS – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Polewali Mandar nomor urut 4 Dirga Adhi Putra Singkarru – Iskandar Muda Baharuddin Lopa (DIGASKAN) kembali berkampanye di Kecamatan Binuang, Kamis, 17 Oktober 2024.

Dalam kampanyenya paslon Dirga – Iskandar menyasar empat titik yakni Desa Paku, Dusun Silopo Desa Mirring, Desa Rea, dan Batetangnga.

Kampanye ini dihadiri oleh kader partai koalisi, diantaranya ketua Bappilu Nasdem Sulbar Amri Atjo Babo, Ketua Bappilu PKS Sulbar M. Said, wakil ketua tim pemenangan Andi Parial Patajangi, Andi Najma Manggazali, tokoh masyarakat Hj. Sumrah dan ratusan masyarakat Binuang.

Calon Bupati Polman Dirga Singkarru mengatakan jika dirinya dan wakilnya Iskandar Muda terpilih memenangkan Pikada Polman, Ia meinginkan ada bandar udara di wilayah Kecamatan Binuang agar masyarakat Polman tidak lagi membutuhkan waktu lama saat ingin melakukan perjalanan menuju ke Makassar maupun ke daerah lainnya.

Dirga Singkarru menyebut, penempatan bandara ini di Binuang karena melihat wilayah Binuang lokasinya sangat strategis, karena selain masih sangat luas lahannya juga merupakan pintu gerbang yang perbatasan antara provinsi Sulbar dan Sulsel.

“Minimal ada bandara perintis dulu, nanti bisa berkembang menjadi bandar besar kedepan,” kata Ketua DPW Nasdem Sulbar ini.

Selain itu, Dirga Singkarru juga menginginkan agar pelabuhan Tanjung Silopo bisa menjadi pelabuhan bongkar muat barang. Sehingga hasil sumber daya alam dari Polman tidak lagi jauh di angkut melalui pelabuhan Makassar sehingga dengan berfungsinya Pelabuhan Silopo sebagai bongkar muat bisa menghemat biaya operasional pengiriman barang ke tempat tujuan.

Dirga melhat potensi ini sangat bagus dan peluangnya sangat besar apalagi kabupaten Polewali Mandar bisa menjadi sebagai daerah penopamg ke ibukota Nusantara (IKN).

Sarjana S2 lulusan Manchester University Inggris ini mengaku optimis karena memiliki koneksi jaringan di Pusat yakni dengan Dirjen Perhubungan Laut.

“Saya tetangga dalam satu komplek perumahan di Jakarta dengan Dirjen Perhubungan laut sehingga nanti bisa gampang berkomunikasi dengan beliau,” Kata putra sulung dari H. Hendra Singkarru ini.

Selai itu, Dirga Singkarru juga berjanji akan mengembangkan sektor pariwisata di Kecamatan Binuang mengingat wilayah ini merupakan sentra pariwisata, khususnya di desa Batetangnga yang sangat terkenal dengan wisata alamnya serpti air terjun, sungai, bahari dan sentra penghasil buah-buahan. Sehingga dengan meningkatnya sektor pariwisata akan menjadi efek bola salju bagi pelaku UMKM dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sementara di sektor pertanian, Digaskan akan memudahkan petani sawah dan kakao dengan cara menyediakan pupuk subsidi dan memperbaiki sisten irigasi sawah dan jalan tani

“Rencana jika terpilih kami berdua akan melobi ke Kementerian atau dirjen untuk meminta mendirikan pabrik pupuk, sehingga petani tidak lagi kesulitan mencari pupuk subsidi.kasihan petani kita, selama inj pupuk sangat sulit dan mahal harganya. tapi kalau tidak bisa pabriknya, minimal distributor utamanya,” katanya.

Sementara calon wakil Bupati Polman Iskandar Muda Baharuddin Lopa mengatakan akan meningkatkan sumber daya manusia dengan cara menjamin biaya pendidilan dan menyediakan BPJS kesehatan masyarakat.

Mantan anggota DPD RI selama tiga periode ini yakin dengan pendidikan yang tinggi akan mengurangi tingginya angka kemiskinan dan pengangguran sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Polman

“Insya allah jika terpilih, kami memiliki program untuk membiayai anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,” tutupnya. (tim media DIGASKAN)