Hari Ini Pendaftaran Cabup-Wacabup Dibuka, Pilkada Polman Potensi Empat Paslon

POLEWALI, RADARSULBAR NEWS — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar mulai membuka pendaftara calon bupati dan wakil bupati Polewali Mandar (Polman) hari ini, Selasa 27 Agustus hingga Kamis 29 Agustus.

Meliat konstalasi politik jelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Polman dan pasca keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60 Tahun 2024 dan Nomor 70 tahun 2024. Pilkada Polman berpotensi diikuti empat pasangan calon setelah melihat dukungan partai politik kepada bakal pasangan calon. Dimana ambang batas dukungan parpol untuk calon

Potensi empat pasangan calon di Pilkada Polman yakni Dirga Adhi Putra Singkarru – Iskandar Muda Baharuddin Lopa yang didukung oleh lima Parpol yakni Nasdem dengan 42.673 suara, Demokrat 15.957 suara, PKS 14.125 suara, PKN 702 suara dan PSI 209 suara. Sementara pasangan Bebas Manggazali-Siti Rahmawati didukung oleh empat parpol yakni Gerindra 26.668 suara, PAN 27.362 suara dan PPP 14.638 suara. Kemudian pasangan Samsul Mahmud-Andi Nursami Masdar dengan dukungan Partai Golkar yang memperoleh 46.022 suara. Serta pasangan KH Syibli Sahabuddin-KH Zainal Abidin yang didukung PKB 27.753 suara dan Partai Gelora 8.474 suara.

Kepastian empat pasangan calon ini setelah melakukan deklarasi dan mengajukan akses Silon Pilkada 2024 di KPU Polman. Para liaison officer (LO) bakal calon terpantau mendatangi KPU Polman, Senin 26 Agustus. Sementara informasi yang didapatkan para LO pasangan calon ini sudah ada penyampaikan ke KPU Polman terkait jadwal pendaftarannya.

Ketua KPU Polman Nurjannah Waris saat dihubungi mengaku baru satu pasangan calon yang secara resmi menyampaikan surat pemberitahuan ke KPU rencana pendaftarannya. Tim pemenangan Dirga Singkarru-Iskandar Muda telah menyampaikan surat pemberitahuan ke KPU akan mendaftar pada hari Rabu 28 Agustus 2024 pukul 14.00 Wita.
Sementara pasangan calon lain belum menyampaikan secara resmi jadwal pendaftarannya,

Sementara LO pasangan Samsul Mahmud-Andi Nursami, Hasriadi ditemui di KPU Polman mengaku rencana pendaftaran calonnya akan mengambil hari Kamis 29 Agustus.

“Kemungkinan pasangan Samsul Mahmud-Andi Nursami daftar hari terakhir Kamis 29 Agustus. Karena pak Aji Assul masih di Jakarta kemungkinan besok baru pulang,” singkatnya.

Sementara itu persiapan di KPU Polman tampak terlihat sejak Senin 26 Agustsu. Pihak sekertaria KPU sudah memasang tenda di depan kantor lengkap ornamen umbul umbul dan hiasan tenda.

Tetapi saat pendaftaran pasangan calon, KPU Polman akan membatasi massa para calon masuk ke Kantor KPU. Komisioner KPU Polman Rudianto menyampaikan, bakal calon bupati dan wakil bupati wajib hadir melakukan pendaftaran. Kemudian yang boleh hadir mengiringi hanya 60 orang pendukungnya.

“Yang boleh masuk di ruang penerimaan dari 60 orang. Kemudian hanya 17 orang sudah termasuk pasangan calon yang akan mendaftar naik ke lantai dua kantor KPU,” jelas Rudianto saat dikonfirmasi di kantor KPU, Senin 26 Agustus.

Lanjutnya, 17 orang yang masuk ke ruang penerimaan pendaftaran yakni ketua, sekertaris, petugas admin silon dan LO Paslon setiap pasangan calon.

Ia menegaskan yang wajib hadir adalah paslon, ketua dan sekertaris Parpol pengusung. Ia juga menyampaikan pendaftaran hari pertama dan kedua 27-28 Agustus dibuka pukul 08.00 WITA sampai pukul 16.00 WITA. Kemudian hari terakhir Kamis 29 Agustus dibuka pukul 08.00 WITA sampai pukul 23.59 WITA. (mkb)